Lakukan Hal Ini Saat Menginspeksi Busi Mobil Kesayangan

Pada kendaraan, busi atau yang dalam bahasa Inggris disebut spark plug keberadaannya memang sangat krusial. Kalau tidak ada busi, maka kendaraan tidak akan bisa melakukan pembakaran awal. Oleh karena itu, rutin menginspeksi busi akan membantu kendaraan Anda tetap prima dan Anda pun akan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Maka, engineering explaines secara singkat memberikan petunjuk bagaimana kondisi busi yang masih bisa dipakai, memeriksanya, serta menggantinya jika diperlukan. Setidaknya, untuk memastikan bahwa busi kendaraan Anda masih bisa menyala dan layak dipergunakan yaitu jika saat diperiksa masih bisa memercikkan listrik dan dalam kondisi tidak ‘gosong’.

Ciri-ciri adanya masalah pada busi mobil dan penanganannya

Rupanya, untuk mengenali bahwa busi mobil itu rusak atau tidak, ada ciri-ciri khusus yang menandakannya. Adapun tanda-tanda tersebut diuraikan sebagai berikut.

Berwarna usang atau coklat. Ini merupakan pertanda bahwa busi mobil mendekati masa pensiunnya, sehingga anda harus segera menggantinya.

Berwarna kemerahan-merahan atau kekuning-kuningan. Ini berarti ada hawa panas yang melanda mesin secara berlebihan. Biasanya, masalah ini timbul karena pendingin mesin bermasalah juga.

Terjadi kerak atau gosong. Ciri yang satu ini mengindikasikan adanya kesalahan yang terjadi pada bagian pengaturan bahan bakar. Maka dari itu, cek peranti kelistrikan dan aliran bensin.

Busi yang meleleh menggambarkan kondisi elektroda yang meleleh atau gosong sebagai akibat dari kebocoran mesin atau masalah kompresi yang mana sebagian oli turut terbakar pula pada mesin.

Kerak di kepala busi. Indikasi ini menunjukkan pengaturan bahan bakar buruk yang berakibat pada kebocoran pada bagian sill klep. Alhasil, busi pun kemasukan oli tersebut.

Busi yang basah berasal dari sisa-sisa pelumas yang menempel pada kepala busi dan elektroda. Oleh karena itu, periksalah ritme atau timing pengapian. Selain itu perbaiki juga bahan bakar (jika biasa pakai premium, belinya di pom bensin atau bisa menggantinya dengan pertamax).

Sudah sewajarnya ANda mengganti busi secara rutin. Selain itu, jarak pada busi dan pemantiknya juga harus dipastikan supaya tidak terlalu dekat, dan tidak terlalu jauh. Jika busi sudah berusia cukup lanjut, maka harus dipastikan bahwa oli dan kotoran tidak mengendap di bagian kepala busi untuk mencegah karat dan terhalangnya listrik saat akan menyalakan mobil. Selebihnya, jika memang kondisi busi sudah cukup parah, maka belilah busi yang rekomended seperti NGK misalnya.